Suasana Penilaian Akhir Semester Kali ini Beda

Pada awal Desember 2019 SMP Negeri 1 Prambon mengadakan kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil bagi siswa kelas VII hingga IX. Tapi ada yang beda pada ujian atau penilaian kali ini, dimana menggunakan dua model yaitu secara manual menggunakan paper test dan online.

Bagi kelas VII dan VIII PAS dilaksanakan menggunakan cara manual sementara untuk kelas IX penilaian dilakukan secara online, tapi bukan bergilir seperti ujian nasional beberapa waktu lalu dimana ujian dilaksanakan di laboratorium komputer, kini semua siswa bisa mengikuti ujian secara bersamaan sebab disetiap ruang kelas telah dipasang jaringan yang memadai.

“Ini adalah perkembangan yang bagus, dimana siswa sejak awal dibiasakan untuk bersentuhan dengan model test online, diharapkan nanti pada ujian nasional mereka akan lebih siap sehingga berhasil mencapai nilai yang maksimal.” Demikian disampaikan Bapak Munir, S.Ag selaku Waka Kurikulum SMP Negeri 1 Prambon.

Sebelum menerapkan ujian model online disetiap kelas, beberapa hari sebelum PAS, pihak sekolah telah melakukan simulasi dan uji sistem beberapa kali, demi memastikan semua akan berjalan lancar pada hari pelaksanaan. Meski awalnya ada kendala teknis, tapi kemudian berhasil diatasi dengan baik. Siswa kelas IX merasa lebih santai dengan model ujian seperti ini, bahkan berharap dapat pula diterapkan untuk ujian harian sehingga lebih ramah lingkungan.