Shalat Tarawih di Sekolah, Yuk

Salat Tarawih (kadang-kadang disebut Teraweh,Taraweh,atau Tarwih) adalah salat sunah yang dilakukan khusus hanya pada bulan ramadhan. Seperti tahun-tahun sebelumnya Salat tarawih di SMPN 1 PRAMBON juga dilakukan pada malam ramadhan yang merupakan rutinitas tahunan yang dilakukan oleh para siswa dan siswi kelas 7,dan kelas 8.  

Salat Tarawih di malam ramadhan di SMP 1 PRAMBON merupakan program dari pengurus OSIS yang selalu berjalan dengan lancar setiap tahunnya. Untuk pembagian jadwal salat tarawih biasanya hari pertama di ikuti oleh kelas 71-76, kedua dilanjutkan oleh kelas 77-83, ketiga dilanjutkan oleh kelas 84-89 dimana dari masing-masing kelompok masuk 5 hari berturut-turut secara bergantian.

Seluruh siswa dan siswi di wajibkan hadir dan sampai tepat waktu 10 menit sebelum sholat di mulai. Sesuai yang dijadwalkan setiap kelas yang jadwalnya melakukkan salat tarawih selalu di dampingi oleh wali kelas masing-masing . bagi siswa perempuan yang tengah halangan tetap diwajibkan hadir namun tidak mengikuti salat tarawih melainkan mengapsen teman-teman dari kelasnya yang hari ini hadir atau tidak.

Untuk Imam kegiatan salat tarawih yakni Bapak Munir, Bapak Fadlah, Bapak Abdul Basith, dan yang terakhir adalah Bapak Mohamad Yasin. Jadwal Imam ditentukan dari minggu pertama sampai minggu terakhir melaksanakan salat tarawih. Sesudah melaksanakan salat tarawih para siswa dan siswi pulang kerumah masing-masing. untuk siswa maupun siswi yang belum dijemput oleh wali murid atau orang tua masing-masing diharapkan menunggu di dalam pintu gerbang masjid ditemani oleh bapak atau ibu guru wali kelasnya.

     Sedangkan untuk penguru OSIS sesudah melaksanakan salat tarawih akan melakukan tadarus al-quran sampai pukul 20.30 setelah itu mengembalikan microphone yang digunakan untuk tadarus dan menutup pintu dan jendela masjid. Tugas pengurus OSIS saat pelaksanaan salat tarawih antara lain memastikan sarana dan prasarana dimasjid berfungsi, berangkat lebih awal dari para siswa dan siswi untuk membersihkan masjid, azan, mengisi tandon untuk wudhu, membersihkan lingkungan masjid, dan yang terakhir yakni patroli sesuai jadwal yang sudah ditentukan.