Sejarah SMP Negeri 1 Prambon

SMP Negeri 1 Prambon berada di kawasan Desa Watundandang Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Secara geografis letaknya cukup strategis, berada di Kabupaten Nganjuk tapi dekat dengan Kota Kediri dan Kabupaten Kediri, apalagi setelah jembatan penghubung antara Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri selesai dibangun, lalu lintas di depan sekolah semakin ramai sebab menjadi rute alternatif jalur Nganjuk ke Malang via Pare Kabupaten Kediri.

Sekolah yang telah berpredikat Adiwiyata Mandiri Nasional ini berdiri pada 02 Nopember 1978 dengan Kepala Sekolah pertama adalah Bapak Matori, BA. Sepanjang era 80an merupakan satu-satunya sekolah menengah negeri di Kecamatan Prambon, baru pada awal 1990an berdiri SMP Negeri 2 Prambon di Desa Bandung.

Pada awal berdiri hingga masuk abad milenium, lahan terbuka disekolah ini cukup luas, bahkan beberapa titik dijadikan kebun dan persawahan serta ada kolam ikan yang lumayan besar. Namun seiring perjalanan waktu, menyesuaikan dengan kebutuhan belajar dan mengajar, ruang terbuka ini semakin berkurang berubah manjadi bangunan kelas maupun ruang praktikum. Guna mendukung pembelajaran khususnya ilmu pengetahuan sosial SMP Negeri 1 Prambon membangun beberapa replika candi-candi di Nusantara, sekaligus menjadi keunikan tersendiri bagi sekolah yang juga menyandang predikat Sekolah Lingkungan Sehat Nasional ini.