Pleton Akademi Bela Negara Raih Juara III Gerak Jalan Tradisional Sawahan – Nganjuk 2018

Setelah vakum beberapa tahun, kegiatan Gerak Jalan Sawahan – Nganjuk kembali di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Nganjuk. SMP Negeri 1 Prambon sebagai salah satu institusi yang mendapatkan undangan untuk kegiatan tersebut mengirimkan satu pleton regu putri yang kali ini di wakili oleh satu regu Taruna dari Akademi Bela Negara.

Berangkat jam 12.30 siang pada 22 Nopember 2018, tim mulai menuju lokasi dengan harapan tidak telat waktu start sebab menurut informasi tim pertama akan berangkat pada pukul 14.00 tepat. Namun ternyata start pertama peserta adalah pukul 15.30, alhasil pleton taruna ini harus menunggu cukup lama untuk jalan sebab nomor urut kelompok putri terletak di belakang barisan kelompok putra. Baru menginjak sekitar pukul 17.00 tim Taruna Akademi Bela Negara berangkat.

Rute Gerak Jalan Tradisional kali ini menurut panitia adalah 30 KM melewati jalan utama Sawahan – Nganjuk dan jalan-jalan desa di sekitar wilayah tersebut dengan pos Istirahat ada di Lapangan Monumen dr. Soetomo Ngepeh Loceret.

Sepanjang perjalanan para Taruna terlihat sangat semangat dan tak ada hambatan yang berarti. Meski banyak pleton lain yang bubar di tengah jalan atau harus di evakuasi dengan pick up ke garis finish sebab mengalami kelelahan.

Jam 23 lebih 10 menit barisan yang dipimpin oleh Arum kelas VIII 3 ini sukses mencapai garis finish dan semua langsung bersujud syukur tanpa bisa membendung derai air mata karena terharu mampu menyelesaikan medan yang kali pertama baru mereka tempuh ini. Dan hal yang paling membanggakan adalah setelah beberapa hari menunggu hasil kejuaraan, mereka mendapat informasi apabila pleton SMP Negeri 1 Prambon berhasil meraih juara III dan satu-satunya tim putri tingkat SMP yang berhasil meraih juara.

“Kami tak menyangka akan juara, lho. Semua adalah kuasa Ilahi. Padahal kami hanya berlatih dua hari saja dan langsung berlomba. Alhamdulillah tim kami sukses menjadi juara III” ujar Intan Desi salah satu Taruna Akademi Bela Negara dengan penuh keriangan.

Kesuksessan tersebut sekaligus menjadi prestasi pertama organisasi yang baru dibentuk beberapa bulan lalu dan menjadi binaan Seksi Bela Negara OSIS SMP Negeri 1 Prambon ini.