Peringatan Idul Adha 1440 H

Idul Adha (عيدالاضحي) adalah sebuah hari raya islam. Pada hari ini diperingati peristiwa qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba. Hari Raya Idul Adha dapat disebut juga sebagai Hari Raya Haji, dimana kaum muslimin  yang sedang menunaikan ibadah haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. Hari ini juga beserta hari-hari tasyrik diharamkan puasa bagi umat islam.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada pada tanggal 10 Dzullhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari Raya Idul Adha 1440 H bertepatan pada tanggal 11 Agustus 2019 pada tahun Masehi.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dalam memperingati Hari Raya Idul Adha tahun 1440 H, SMP Negeri 1 Prambon melaksanakan Sholat Idul Adha berjamaah di halaman Masjid An-Nur SMP Negeri 1 Prambon dan penyembelihan hewan qurban. Pelaksanaan Sholat Idul Adha dimulai pada pukul 06.30 WIB, sehingga para siswa-siswi dianjurkan untuk berangkat lebih pagi atau sekitar pukul 06.00 pagi. Sebelum dilaksanakannya Sholat Idul Adha, siswa-siswi terlebih dahulu membersihkan masjid dan lingkungan sekitarnya agar pelaksanaan sholat dapat berjalan dengan nyaman.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha diawali dengan takbir yang dikumandangkan oleh salah satu murid SMP Negeri 1 Prambon. Dan diimami oleh salah satu guru agama SMP Negeri 1 Prambon, yaitu Bapak Abdul Basid. Setelah sholat selesai, terdapat khutbah yang disampaikan oleh khatib Bapak Fadlah selaku salah satu guru agama di SMP Negeri 1 Prambon. Khutbah tersebut juga perlu dicatat oleh murid-murid agar mereka juga memahami tentang apa yang disampaikan oleh khatib terutama mengenai makna Idul Adha dan qurban.

Setelah pelaksanaan sholat idul adha selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban berupa 2 ekor sapi yang diperoleh dari hasil arisan bapak/ibu guru dan dari hasil iuran para siswa-siswi SMP Negeri 1 Prambon. Penyembelihan hewan qurban dilakukan untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim as. yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.