PEMBEKALAN OSIS SMP NEGERI 1 PRAMBON TAHUN 2020/2021

Hai teman-teman PRANESA, gimana nih kabarnya? Semoga baik baik saja yaa. Oh iya, disini kita mau membagi sedikit pengalaman tentang LDKS, tapi sebelum itu apasih LDKS/Pembekalan Pengurus OSIS ituu???. Jadi, LDKS (Latihan dasar kepemipinan siswa) adalah sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya siswa/siswi peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar–dasar sebuah organisasi ialah singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, LDKS bisa juga sebagai kegiatan siswa (calon pengurus OSIS) untuk diberi pembekalan materi ataupun yang lain agar pemahamannya mengenai organisasi semakin jelas dan faham. Tujuan utama dilaksanakannya LDKS/Pembekalan Pengurus OSIS yaitu melatih jiwa kepemimpinan , kedisiplinan, kesabaran, dan kekreativitasan, dan manfaat yang lainnya seperti untuk menjadi pribadi yang memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri dan mempersiapkan mental untuk menghadapi segala kesulitan yang akan dihadapi.

LDKS ini dilaksanakan selama 2 hari tetapi karena masa Pandemi jadi LDKS tahun ini tidak menginap, memang LDKS tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya tetapi keseruannya tidak mungkin terkalahkan dong, hehe. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jum’at, 09 April 2021 mulai pukul 06.00–15.00 dan hari Sabtu, 10 April 2021 mulai pukul 06.00–15.00 (setelah upacara penutupan). Kegiatan pertama pada hari Jum’at yaitu mulai dari pengecekan kelengkapan seragam, dan wajib membawa foto sarapan kita, jika tidak memenuhi syarat maka akan mendapatkan hukuman. kegiatan pengecekan tersebut dilakukan di gerbang sekolah bagian sebelah masjid.

Setelah itu kita melaksanakan upacara pelantikan Pengurus OSIS, berlangsung selama kurang lebih 1 jam, lalu dilanjut dengan pembekalan materi. Materi pertama disamapaikan oleh Bu Sri Utami yaitu materi tentang Pembekalan Umum Pengurus, materi ini disampaikan dengan santai dan tidak terlalu fokus dan tegang, setelah itu kita dikasih snack dan aqua sebagai pengganjal perut untuk menunggu materi selesai sampai jam 11.30. Kemudian, materi kedua disampaikan oleh Bu Dina Patria Dewi tentang Giat Politik Dan Kepemimpinan, materi ini disamapikan dengan sedikit banyak pertanyaan dari beliau.

Dan kemudian materi ke 3 disampaikan oleh Bu Wiji Utami tentang Giat Budi Pekerti Luhur materi tersebut disampaikan dengan cara di contohkan dengan beberapa barang agar kita semua faham apa yang dimaksud dari materinya.

Kemudian tibalah jam 11.30 saatnya kita melaksanakan sholat jum’at bagi laki laki dan sholat berjamaah dhuhur untuk perempuan.

Setelah sholat selesai kita semua berkumpul di Joglo SMP untuk makan Bersama, menu nya enak lho…yaitu nasi putih, mie, ayam kentaki,dan sambal goreng kentang tahu tempe dan juga bubur kacang hijau. Setelah selesai mulai pukul 13.30-14.00 kita melaksanakan kegiatan game, gamenya cukup seru yaitu game tebak gaya dan beberapa game lainnya. Setelah selesai pukul 14.00-15.00 yaitu saatnya pembekalan materi terakhir tentang Giat Bela Negara dan Berbangsa yang disampaikan oleh Kak Yuyun Wahyudi dengan cukup berbeda, karena Kak Yuyun tidak mau materi itu ditulis tetapi cukup didengarkan dan dipahami dengan baik. Setelah materi tersebut selesai kita melaksanakan kegiatan apel sore, dan akhirnya sekitar pukul 15.15 kita semua pulang kerumah masing-masing.

Naahh dihari yang keduanya, juga sama sebelum masuk kita diperiksa kelengkapannya dulu dan wajib memberi foto sarapan pagi. Setelah itu dilanjut dengan membersihkan ruang osis baru dan taman sekitar candi,

Lalu melakukan senam pagi sekitar 30 menit. Kemudian kita mengganti baju, lalu dilanjut dengan kegiatan pembekalan materi,

Materi yang kelima yaitu tentang Manajemen berorganisasi, yang disampaikan oleh Pak M. Yasin, dimateri ini kita diajarkan tentang mengelola waktu saat berorganisasi. Setelah itu materi tentang Etika Berorganisasi yang disampaikan oleh Bu Zunairotul B, di materi ini kita dijelaskan tentang etika-etika ketika berorganisasi. Lalu dilanjut dengan materi tentang Giat Kewirausahaan yang disampaikan oleh Bu Dwi Peni Yunarti, materi kali ini kita diberi cuplikan film sederhana tentang kerja keras dan pantang menyerah.

Kemudian kita semua melaksanakan shalat Dhuhur berjamaah yang diimami oleh Pak M. Yasin, lalu kita makan bersama, dengan lauk ikan bandeng presto dengan sayur asam dan sambel. Gimanaa, enak kaann???.

Setelah itu diadakan pentas seni, semua peserta LDKS duduk melingkar dan dipilih secara acak oleh senior. Pentas seninya juga bermacam-macam, ada yang menampilkan puisi, pidato, dakwah, menyanyi, menari, mendongeng, bermain recorder, dan juga dance.

Kemudian dilanjut dengan upacara penutupan penutupan,dan foto bersama. Setelah itu sekitar jam 15.15 peserta LDKS pulang kerumah masing-masing.