Pelatihan Kader PIK-R Kabupaten Nganjuk

Pada hari Rabu, tepatnya pada tanggal 26 Juni 2019  SMP Negeri 1 Prambon mengirim pengurus PIK-R untuk mengikuti pelatihan di STIKES Nganjuk. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BKKBN dari Kabupaten Nganjuk,dengan tujuan lebih memahamkan perihal PIK-Remaja dan BKR serta memberi pengertian akan tugas-tugas dari PIK- Remaja dan juga BKR itu sendiri.

Sebelum ke materi penyuluhan semua peserta yang baru datang diperkenankan untuk mendaftarkan ulang dirinya dan mendapat buku yang berisikan materi materi yang akan dibahas. Setelah itu semua peserta dipersilahkan untuk memasuki ruangan dan melaksanakan upacara pembukaan. Upacara pembukaan selesai sekitar pukul 08.30 WIB. Setelah itu semua peserta diberi tayangan lewat LCD mengenai hal hal yang terkait dengan PIK-R,BKR dan BKKBN.

Kemudian selanjutnya semua peserta diminta untuk berhitung, lalu dibagi menjadi 3 kelompok belajar, setiap kelompok diberi ruang terpisah. Setelah terbentuk kelompok belajar dan sudah memasuki ruangannya masing masing maka dimulailah acara. Acara yang pertama adalah membahas mengenai alat reproduksi baik pria dan wanita juga hal hal yang bersangkutan mengenai hal tersebut. Peserta diminta untuk menuliskan sebutan sebutan dari daerah mereka untuk hal hal tersebut.

Acara yang kedua adalah setiap kelompok belajar diminta untuk menggambar system reproduksi baik pada pria maupun pada wanita, setelah selesai maka setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. Setelah selesai semua peserta diperkenankan untuk istirahat, melaksanakan sholat dhuhur dan makan siang.

Setelah semua telah beristirahat maka peserta diperkenankan untuk masuk kedalam ruangan untuk melanjutkan pembahasan materi. Dan materi selanjutnya adalah mengenai penjelasan dari kakak pengurus PIK-R dan setelah itu dilanjutkan dengan Game Fun yang pastinya sangat seru. Dan acara selesai ditutup dengan pembacaan doa dan juga foto bersama dengan kakak kakak PIK-R,BKR,dan beberapa pengurus BKKBN Kabupaten Nganjuk.