Parade Drumband HUT ke 74 RI

Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT-RI ke 74, tahun 2019, Kecamatan Prambon mengadakan Parade Drumband pada tanggal 19 Agustus 2019. Jarak start dengan finish hanyalah 2 km saja, di mulai dari depan SDN Tanjunganom 1 hingga Kantor Kecamatan Prambon. Banyak sekolah yang ikut berpatisipasi memeriahkan acara tersebut, tidak terkecuali SMPN 1 Prambon. Mereka berpatisipasi memeriahkan acara ini dengan penuh semangat, masyarakatpun tidak kalah bersemangat untuk menonton parade drumband ini.

SMPN 1 Prambon ikut memeriahkan parade drumband. Dengan latihan yang hampir 2 minggu lamanya dan biasa mereka lakukan di gedung sekolah yang dilatih oleh pembinanya yaitu kak Yuyun Wahyudi, dan akhirnya merekapun siap menunjukan penampilan mereka. Sebanyak 26 anak berpatisipasi mewakili SMPN 1 Prambon, terdiri dari kelas 7, 8 dan juga 9. Mereka membawakan 3 lagu, diantaranya suci dalam debu, kemarin dan harusnya aku. Ada 7 anak yang membawa silofon, 6 anak yang membawa senar, 3 yang membawa tenor, 1 kuarto, 1 trio, 1 simbal, tidak lupa 4 colour guard dan tentunya ada 3 mayoret yang akan menjadi pusat perhatian ketika drumband.

Pagi itu, saat sebelum tampil, mereka masuk sekolah seperti biasa. Tetapi mereka langsung menuju gedung dan latihan sebentar untuk mengurangi resiko kesalahan terjadi saat parade. Setelah latihan selesai, mereka akan di rias oleh para ibu guru, diantaranya Bu Eli, Bu Novi, Bu Kristine, Bu Peni, dan Bu Ganes. Tapi sebelum itu mereka wudhu dulu agar bisa sholat Dhuhur. Mereka secara bergantian di rias oleh bu guru. Namun tidak hanya anak perempuan saja yang di rias, tapi anak laki laki juga di rias. Anak yang sudah selesai di rias langsung berganti baju, yang semula mengenakan seragam khas sekolah berganti dangan kemeja motif kotak kotak dan jeans biru gelap, ditambah stiker, sapu tangan yang dililit ke leher, topi hitam dan sebuah kacamata menjadikan grup drumband ini terlihat seperti pasukan koboi. Tak ketinggalan para colour guard pun memakai kostum yang sangat lucu dengan rok yang terlihat seperti rok balet. Setelah grup drumband SMPN 1 Prambon selesai di rias dan ganti baju, mereka menuju ke masjid untuk melakukan sholat Dhuhur sebelum berangkat ke lokasi seraya tim drumband lainnya mengangkut alat drumband ke pick up yang telah disediakan. Jam 12.00 pun mereka berangkat ke lokasi start dengan diantar oleh orang tua masing masing. Jam 13.30, tim drumband ini mulai berlajan dari garis start menuju garis finish. Usai sudah acaranya, mereka mengangkut alat drumband ke pick up dan pulang diantar orang tua atau dengan teman mereka. Sebelum pulan ke rumah masing masing mereka kumpul dulu di sekolah.