Indahnya Taman Kelas

Saat ini SMPN 1 Prambon menyiapkan masing-masing kelas untuk memiliki taman, setiap kelas dipastikan memiliki taman yang harus dijaga, dirawat, dan dibersihkan setiap pagi hari. Didalam taman itu banyak berbagai tanaman yang menghiasi dan bergantungan dipot gantung, pot gantung juga berasal dari barang bekas seperti contohnya botol air minum yang daur ulang menjadi pot-pot yang indah dan bunganya berasal dari murid-murid yang membawa dari rumah.

Pembuatan taman gantung tersebut menjadi salah satu media untuk memberikan pelajaran kepada siswa untuk mengolah sampah sebagai sesuatu yang bermanfaat. Dengan praktek pembuatan pot tanaman bunga dari sampah botol air meneral, akan memudahkan siswa lebih memahami bagaimana manfaat sampah dan arti kebersihan lingkungan.

Prinsip utama mengelola sampah yang benar adalah mencegah timbulnya sampah, mengguna-ulang sampah, dan mendaur-ulang sampah, seperti prinsip 3R (reduce, reuse, recycle). Menurutnya, Jika prinsip tersebut dijalankan dengan konsisten, maka akan mendatangkan manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan, karena mampu mengurangi pencemaran lingkungan hidup, mengurangi resiko penyakit, menghemat penggunaan sumber daya alam dan energi, serta mendatangkan benefit ekonomi bagi banyak orang.

tanaman hias, yang ditanam dalam pot bunga dari bekas air mineral berguna memperindah suasana di PRANESA, dan juga sebagai pemanfaatan botol bekas yang tidak terpakai. Bunga hias ini adalah untuk memperindah beranda yang ada didepan kelas, dan mempercantik suasana madrasah serta untuk penghijauan. Selain itu juga, kita berpartisipati aktif dalam menjaga lingkungan sekitar, dengan memanfaatkan limbah botol plastik bekas, menjadi barang yang berguna yaitu pot untuk bunga hias, karena memang jika limbah botol plastik air mineral ini susah terurai, jika dibuang begitu saja.