Corona

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.
Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia.

Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.
Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

Indonesia sedang berduka adanya virus Corona yang melanda, yang berasal dari Wuhan China virus itu menyerang manusia dari binatang di pasar basah di kota Wuhan, tempat sejumlah pasien Corona pertama diidentifikasi saat sedang bekerja atau berbelanja. Hal ini dipertanyakan ketika para pejabat dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China mengatakan mereka tidak menemukan virus dalam tes sampel hewan dari pasar.

China telah menguji sampel hewan dari ‘banyak lokasi’ termasuk unggas, kucing, anjing, dan babi. Tes-tes di China telah menemukan virus Corona serupa dalam trenggiling, tetapi tidak cukup dekat untuk dianggap sebagai nenek moyang. Para ilmuwan menduga virus itu dapat berasal dari kelelawar tapal kuda setelah menemukan kecocokan 96 persen di China. Tantangan lain adalah tidak adanya ‘pasien nol’, atau manusia pertama yang terinfeksi yang dapat menunjukkan virus Corona telah menular dari hewan.

Pasien pertama disebut diidentifikasi oleh rumah sakit Wuhan pada bulan Desember, tetapi kemudian analisis genetik menempatkan temuan penularan virus ke manusia sebelumnya di musim gugur. South China Morning Post melaporkan bahwa kasus COVID-19 ditemukan di Tiongkok pada bulan November, berdasarkan data pemerintah yang tidak dipublikasikan.

Studi di Eropa menunjukkan virus Corona berada di sana pada akhir tahun lalu, atau lebih awal dari yang diperkirakan. Sementara, pejabat kesehatan China mengatakan penelitian asal muasal virus Corona harus dilakukan di beberapa negara.

“Pada akhirnya kami tidak mengerti betul bagaimana sebenarnya virus itu merebak, kami kembali dalam situasi itu, tetapi yang ini bahkan lebih buruk,” kata para peneliti.

Semenjak ada nya virus corona di dunia aktifitas berhenti, para pekerja, maha siswa di liburkan sementara. Agar bisa menunda adanya virus corona. Adanya virus corona aktifitas berubah total dan keuangan sulit di dapat kan bagi orang orang yang berjualan.

Dan juga pemerintah telah mengizin kan dan menormal kan aktifitas pekerja dengan mematuhi protol kesehatan. Dengan memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Sekarang juga telah adanya kegiatan new normal. Aktifitas sekarang telah menjadi normal kembali dengan ada nya new normal. New normal adalah perubahan perilaku atau kebiasaan untuk tetap menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Himbauan dari pemerintah ini menganjurkan agar kita bisa hidup “berdampingan” dengan virus yang telah menelan ratusan ribu jiwa di seluruh dunia.

Assalamualaikum wr. wb.
Saya mewakili kelas 94, untuk mengikuti lomba cerpen di sekolah kami dalam rangka HUT SMPN 1 prambon, semoga semakin sukses kedepan nya dan menjadi kan generasi muda lebih baik kedepan nya. Aamiin yarobbalalamin.
Nama : Sinta nur laila
Kelas : 94
Sekian dari kami
Waalaikumsalam wr. wb.