Cerita DariPenggali Fosil

Siapa yang belum pernah mendengar cerita tentang dinosaurus? Aku yakin tidak ada. Sebelum itu aku mau memperkenalkan diriku. Orang sering menyebutku sebagai Paleontolog atau Ahli Fosil. Fosil bagimu mungkin tidak menarik tetapi bagi seorang paleontolog fosil merupakan harta yang tak ternilai harganya .

Baiklah aku akan memulai ceritaku. Dinosaurus merupakan binatang purba, mereka hidup jutaan tahun yang lalu. Untuk mengenal kehidupan binatang ini kamu perlu mengetahui zaman-zaman yang pernah ada dibumi. Zaman-zaman dibumi dibedakan menjadi 3 yaitu: Zaman Paleozoikum, Zaman Kenosoikum, Zaman Mesozoikum. 

Bumi Diperkirakan terbentuk 5 miliar tahun yang lalu. Dalam berjalannya waktu Bumi terus bergerak, Setiap gerakannya berhubungan dengan unsur kehidupan misalnya: tanaman, hewan, iklim, air, oksigen, atmosfer, DLL.

Dalam perkembangannya zaman-zaman dibumi mempunyai ciri yang berbeda-beda yaitu:

●Zaman Prakambrium (600 jt lalu)

Di zaman ini udara belum diselimuti oksigen, yang ada hanya debu-debu yang berterbangan. Dari hari ke hari oksigen pun mulai ada dan terus meningkat. Dan hiduplah organisme pertama dibumi yaitu: ganggang dan mikroba.

●Zaman Kambrium (500-600 jt lalu)

Zaman ini ditandai iklim yang hangat dan mulai berkembangnya hewan invertebrata besar atau hewan yang tidak bertulang belakang.

●Zaman Ordovisium (425-500 jt lalu)

Sepanjang zaman ini iklim masih bersifat hangat, dan kehidupan masih berubah-ubah. Pada zaman ini hewan vertebrata/hewan bertulang belakang pertama dan plankton mulai hidup.

●Zaman Silurian (405-425 jt lalu)

Pada zaman ini iklim pada umumnya sejuk dan hanya beberapa daerah yang mengalami kegersangan.

●Zaman Devonian (345-405 jt lalu)

Pada zaman ini iklim umumnya hangat dan kering. Zaman ini juga ditandai dengan banyaknya ikan, keong, kerang laut, dan ikan hiu sepanjang 6 meter.

●Zaman Karbon (280-345 jt lalu)

Pada zaman Karbon dapat dibedakan menjadi 2 yaitu karbon bawah yang berlangsung 320-345 jt lalu dan Zaman Karbon Atas yang berlangsung 280-320 jt lalu. Pada zaman karbon atas amfibi dan reptilia berkembang pesat. Pada zaman ini ditandai dengan iklim panas dan lembab.

●Zaman Permian (230-280 jt lalu)

Pada zaman ini repril semakin tumbuh subur, bahkan dapat dikatakan pada zaman ini dikuasai oleh hewan tersebut contohnya : Kadal Buas.

●Zaman Triasik (181-230 jt lalu)

Zaman ini ditandai dengan bertiupnya iklim kering. Pada zaman ini juga muncul dinosaurus yang tergolong binatang menyusui yang bertulang belakang/vertebrata.

●Zaman Jurasik (135-181 jt lalu)

Diawal zaman ini bertiup iklim sejuk. Di daratan mamalia keturunan reptil raksasa mulai berkembang dengan pesat. Zaman Jurasik dibedakan menjadi 3 yaitu: Awal Jurasik (181 jt lalu), Pertengahan Jurasik (150 jt lalu), Akhir Jurasik (135 jt lalu).

●Zaman Kapur/Kretaseos (63-136 jt lalu)

Pada zaman ini tumbuhlah beberapa ikan dengan peredaran darah tertutup yang berkembang pesat. Zaman Kapur/Kretaseos Dibedakan manjadi 4 yaitu: Krataseos Sangat Awal (136 jt lalu), Krataseos Awal (110 jt lalu), Krataseos Pertengahan (100 jt lalu), Krataseos Akhir ( 70 jt lalu).

●Zaman Tersier (1-63 jt lalu)

Pada zaman ini paling tampak muncul adalah golongan binatang mamalia lanjut, misalnya kera dan primata. Zaman Tersier dibagi menjadi 2 bagian yaitu: Zaman Oligocene (25 jt lalu), Zaman Miocene ( 7 jt lalu).

●Zaman Kwarter (1 jt lalu)

Sepanjang zaman ini binatang hidup dan berkembang seperti sekarang. Periode panas dan es menjadikan 2 iklim yaitu panas dan dingin.

Nenek Moyang Dinosaurus

Dinosaurus muncul pertama kali pada zaman Mesozoikum tepatnya zaman Triasik kira-kira 225-265 jt lalu. Menurut garis keturunannya Dinosaurus mempunya 2 kelompok yaitu Kelompok Saurischia dan Kelompok Omithischia. Kelompok Saurischia memilik tulang punggung yang lebih sederhana dan berjalannya menggunakan dua tungkai belakang serta lehernya yang panjang. Sedangkan kelompok Saurischia mereka tampil lebih gagah dan kekar, tulang panggulnya juga lebih besar dan kuat sehingga tubuhnya tampak lebih besar dan kuat.

Pada perkembangannya Saurischia menurunkan kelas binatang melata Archosaurus. Penerbang dari kelompok iki diwakilki oleh Rhamphorhynchus berekor panjang. Berbagai  jenis Archosaurus muncul disana misalnya: Coelurosaurus, Prausoropods, dan Sauropods.

Kelompok Archosaurus yang terkenal karena kekuatannya adalah Tyrannosaurus. Binatang ini berukuran sekitar 7-14 meter. Dikalanganya ia dikenal sebagai mesin pencabik daging yang orang menyebutnya sebagai T-rex.

Jejak Si Dino:

Dinosaurus tergolong reptil purba, hidupnya jutaan tahun yang lampau yakni pada zaman Jurasik. Kata dinosaurus diambil dari bahasa Yunani yaitu Dino berasal dari kata Demos yang berarti kekacauan, besar, dan menakutkan. Saurus berarti kadal atau reptil. Jadi Dinosaurus adalah kadal/reptil yang membuat kekacauan dan keonaran bagi kelompoknya atau kelompok musuh. Nama dinosaurus diberikan oleh seorang sarjana anatomi Inggris yang bernama Sir Richard Owens pada tahun 1841.

Kerangka dinosaurus pertama kali ditemukan oleh Pliny Moody di Hadly selatan dekat Oxford, Inggris pada tahun 1820-1822. Pada tahun 1825 Gideon Mantel seorang dokter secara tidak sengaja menemukan tulang dan gigi dinosaurus di Inggris. Telur dinosaurus pertama kali ditemukan oleh P Matheron didaerah Southern Francis pada tahun 1869. Pada tahun 1990 Dr. William Hemmer mengarahkan penelitiannya ke daerah Antartika karena didaerah itu ditemukannya kerangka dinosaurus pemakan daging.

●Ukuran Tubuh

Dinosaurus yang paling kecil bernama Campsognathus, ukuran tubuhnya 2 kaki atau sekitar 60 cm. Sedangkan yang besar dinamakan Diplodocus dan Bracipsaurus ukuran tubuhnya 70 kaki sampai 87 kaki dan mencapai berat 30-75 ton.

●Kecerdasan

Otak Dinosaurus tergolong dalan ukuran yang sangat kecil dan pada umumnya Reptil ini berotak bodoh dan tumpul.

●Pertahanan Hidup

Beberapa dinosaurus mempunyai senjata untuk melindungi diri contohnya Berkulit baja, berkutil, berkulit tebal, kuku, gigi tajam.

●Pola Kehidupan

Dinosaurus Tidak hanya pemakan daging tetapi juga tumbuhan. Mereka mengambil makanannya dengan menjulurkan lehernya keatas.

●Perkembangbiakan

Dinosaurus berkembang biak dengan cara bertelur besar telur dinosaurus bisa mencapai 8 inci atau sekitar 20 cm.

Keluarga Dinosaurus:

1.) STEGOSAURUS

Salah satu jenis Dinosaurus yang mempunyai perisai di punggungnya. Panjang binatang ini sekitar 9 meter dan tingginya 2 meter beratnya bisa mencapai 2 ton.

2.) BRACHIOSAURUS

Binatang darat terbesar sepanjang masa. Panjangnya bisa mencapai 24 meter dan tinggi 12 meter beratnya bisa mencapai 85 ton sehingga binatang ini sering disebut dengan “Binatang Rasa”.

3.)STYRACOSAURUS

Bintang ini diperkirakan hidup 130 jt lalu. Panjangnya sekitar 7 meter dan tingginya 2 meter, Beratnya bisa mencapai 1-2 ton.

4.)TYRANOSAURUS REX

Binatang ini hidup sekitar 75 jt lalu. Panjangnya sekitar 10 meter dan tingginya 5 meter beratnya bisa mencapai 8 ton.

5.)ICHTHYOSAURUS

Hidupmu sekitar 225 jt lalu. Panjangnya sekitar 2 meter dan memiliki sirip yang kuat serta Tungkai yang ramping, dan beratnya mencapai 300 kg.

6.)PTERANODON

Binatang ini dijuluki “Hantu Paling Seram Dari Segala Zaman”. Rentangan sayapnya bisa lebih dari 8 meter, tetapi ia bukan termasuk jenis burung.

7.)PROTOCERATOPS

Kepala binatang ini seperti menggunakan topeng melengkung. Tinggi badannya mencapai 1-1,5 meter dengan berat 2 ton.

8.)PLESIOSAURUS

Hidup sekitar 95 jt lalu. Jika ia dewasa panjangnya bisa mencapai 8 meter lebih.

9.)ARCHAEOPTERYX

Hidup sekitar 140 jt lalu dan merupakan jenis burung Tertua di muka bumi. Rentangan burung ini bisa mencapai 5 meter, dapat terbang sampai ketinggian 3000 meter dengan kecepatan 100 mil per jam.

10.)MASTODON

Binatang ini merupakan nenek moyang gajah. Tingginya bisa mencapai 5 meter, binatang ini juga memiliki taring yang beratnya 90 kg dengan panjang 3 meter.

11.)DIPLODOCUS

Merupakan Dinosaurus terpanjang dengan Panjang 26 meter dan tingginya mencapai 4 meter dengan berat mencapai 11 ton.

12.)ANKYLOSAURUS

Mempunyai tempurung keras dan berduri. Tingginya hanya sekitar 1-2 meter.

13.)TRICERATOPS

Bintang bercula yang hidup 130 jt lalu. Dengan panjang culanya 50 cm.

14.)PARASAUROLOPUS

Hidup 120 jt lalu dan dapat berlari dengan melompat-lompat yang mencapai 5 meter.

15.)IGUANODON

Ukuran tubuhnya mencapai 4 meter dan sangat lemah saat mempertahankan diri dari musuhnya.

16.)MESOSAURUS

Merupakan reptilia bergigi paku yang hidup 170 jt tahun lalu. Dengan Panjang tubuhnya tidak lebih dari 2 meter.

17.)BARYONIX

Bintang ini mempunyai kuku yang panjangnya 30 cm, dan hidup sekitar 144 jt thn lalu. Mempunyai berat sekitar 2 ton.

18.)BRONTOSAURUS

Mempunyai berat sekitar 20 ton atau lebih dari berat 6 ekor gajah dan panjang 21 meter.

19.)CERATOSAURUS

Binatang ini hidup sekitar 150 jt lalu. Yang mempunyai berat sampai 8 ton dengan tinggi 2,5 meter.

20.)DEYNONYCHUS

Ketika dewasa panjangnya dapat mencapai 4 meter dengan tinggi 1,5 meter. Binatang ini hidup sekitar 120 jt thn lalu.

21.)TOROSAURUS

Seiring disebut dengan Torosaurus atau Kadal banteng. Berat binatang ini bisa mencapai 2 ton, dan hidup sekitar 180 jt thn lalu.

22.)DRYOSAURUS

Binatang ini hidup pada 170 jt thn lalu. Panjangnya sekitar 3 meter.

23.)PSITTACOSAURUS

Panjang binatang ini tidak lebih dari 2,5 meter dan tinggi 1 meter. Binatang ini hidup sekitar 140 jt thn lalu.

24.) ACROCANTHOSAURUS

Hidup sekitar 125 jt thn lalu. Tingginya bisa mencapai 9 meter.

25.)CORYTHOSAURUS

Di sebut Juga Dengan Kadal Berjambul. Binatang ini hidup 60 jt thn lalu. Panjangnya sekitar 8 meter.

Kepunahaan:

Beberapa dinosaurus punah akibat adanya gempa bumi atau letusan gunung berapi. Setelah diteliti lebih lanjut diyakini dan dipercaya bahwa punahnya Dinosaurus disebabkan oleh jatuhnya sebuah meteor yang sangat besar ke bumi. Dengan adanya peristiwa tersebut bumi menjadi gelap selama beberapa minggu yang mengakibatkan tumbuhan mati dan juga dinosaurus pemakan tumbuhan. Tetapi dinosaurus masih hidup karena mendapatkan banyak makanan, setelah beberapa hari kemudian binatang itu kehabisan makanan dan saling bertarung untuk mendapatkan makanan. Akhirnya tidak ada satupun dinosaurus yang tersisa. Mereka mati dengan mengenaskan

Sekarang kita hanya dapat bisa melihat tulang belulang dinosaurus yang telah digali dan dirangkai kembali oleh para Ilmuan.